catatan singkat mengenai kebangsaan

Standard

Kebangsaan??

Sebenarnya itu adalah sebuah realitas terbayang!!

maksudnya, sebuah masyarakat yang diikat oleh suatu kenyataan yang sebenarnya tidak ada.. misalnya bangsa Indonesia, apa yang mengikat bangsa Indonesia??

buku 6000 tahun Sang saka merah putih karya M. Yamin, berusaha untuk menciptakan realitas tersebut..ada lagi yang berusaha untuk menciptakan bahwa Bangsa Indonesia adalah satu kebudayaan.

Namun kebudayaan bangsa Indonesia itu seperti apa?? kebudayaan Koteka di Papua atau batik di Jawa atau Ulos di tanah batak?? melalui sumpah pemuda, saya kira bahasa Indonesia pun, para remaja Jakarta belum bagus bahasa Indonesia nya.. jadi apa??? buat saya jawabannya adalah politik.. ya, politik adalah pengikat realitas terbayang kebangsaan Indonesia.. harusnya kita para generasi muda berterimahkasih kepada Orde lama, Orde baru.. kenapa?? karena mereka lah yang menciptakan pengikat tersebut melalui proses yang panjang.. awal mula Soekarno mengatakan Indonesia di jajah selama 350 tahun oleh belanda (apakah waktu itu belanda menjajah indonesia yang kita kenal sekarang dengan waktu 350 tahun??) pancasila, kesaktian pancasila, P4, TVRI, RRI, dan semua alat politik yang dijalankan oleh kedua orde baru itu adalah alat yang bertujuan untuk menciptakan dan menjalankan adanya konsep terbayang yang bernama BANGSA INDONESIA..

Makanya jangan salah kalo orang Aceh, Timor Leste mau lepas dari NKRI, karena mereka tidak merasakan esensi dari berbangsa Indonesia, bentuk ; wujud dan esensinya.. jadi jika ingin mengoperasionalkan konsep keindonesiaan, maka politik indonesia harus kuat dan “keren” dulu.

Terimah kasih,

GBU

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s