Balada Kelulusan

Standard

Sewaktu aku mengikuti ospek Sekolah Menengah Pertama pada tahun 2001, salah satu senior yang menjadi panitia Ospek, mengatakan kira-kira begini :”kalian ini sekarang sudah menjadi siswa SMP, bukan anak SD lagi, bukan anak-anak lagi”. Kemudian, pada saat mengikuti Ospek Sekolah Menengah Atas pada tahun 2004, salah satu panitia Ospek mengatakan begini :”kalian sekarang bukan anak SMP lagi, bukan anak kecil. Sekarang kalian udah di SMA, harus berbeda dengan di SMP, menjadi lebih dewasa”, lalu ketika inagurasi kelulusan SMA atau mungkin lebih tepatnya perayaan pesta kelulusan SMA pada tahun 2007, salah seorang perwakilan guru berkata gini : “sekarang kalian sudah lulus SMA, kalian terjun ke masyarakat ke dunia yang sebenarnya. Jaga nama baik almamater!”
Nah, sekarang, pada tanggal 21 Januari 2013, sejarah berulang, De Javu! Sebelum Yudisium, para dosen penguji mengucapkan sambutan dan saran bagi para sarjana baru, yang kira-kira begini :”selamat kalian sudah lulus, jaga nama baik almamater kalian, kalian sekarang telah melalui satu perahu dan selanjutnya akan menaiki perahu lainnya, karena Rahmat Allah Yang Maha Kuasa kalian bisa lulus, dan sebagainya”. Dari beberapa teman-teman juga mengucapkan selamat sembari memberi petuah :”selamat datang ke dunia yang sebenarnya”!
Sekelumit perjalanan selama 11 tahun yang saya persingkat itu, memberi saya 2 pertanyaan. 1. Apakah “dunia sebenarnya” itu? Jadi, selama saya sekolah hingga saya lulus kuliah, saya belum berada di dunia yang sebenarnya? Jadi, dunia apa yang selama ini saya jalani? 2. Kira-kira, kalau suatu saat saya lulus pascasarjana, apa ya ucapan selamat, saran dan petuah bagi saya, apakah akan lagi terjadi sejarah yang berulang? Hehehhe
Itu dulu deh, tapi terima kasih yang tulus bagi orang-orang yang telah mengucapkan selamat bagi saya! Soli Deo Gloria

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s